• English
  • Bahasa Indonesia

Pusat Logistik Berikat memberikan kemudahaan bagi Industri UKM

Pusat Logistik Berikat memberikan kemudahaan bagi Industri UKM

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Pusat Logistik Berikat (PLB) pada Kamis (10/3), dikawasan industri PT. Cipta Krida Bahari, Cakung, Cilincing, Jakarta Utara. Selain Presiden Jokowi, peresmian juga dihadiri oleh Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro, Menteri Perindustrian Saleh Husin, Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara dan Direktur Fasilitas Kepabeanan Kementerian Keuangan Roby Toni. Keberadaan PLB ini merupakan realisasi dari Kebijakan Paket Ekonomi Jilid II yang dikeluarkan Presiden Jokowi pada Oktober 2015. Landasan hukum sudah diterbitkan, yakni Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 85 tahun 2015 tentang perubahan atas PP Nomor 32 tahun 2009 tentang tempat penimbunan berikat serta Peraturan Menteri Keuangan Nomor 272/PMK.04/2015 tentang Pusat Logistik Berikat.

PLB bertujuan untuk memberikan kemudahaan bagi para pengusaha untuk memperoleh pasokan bahan baku maupun bahan pendukung produksi dengan memberikan fasilitas bebas bea masuk dan Pajak Impor atas bahan baku yang berorientasi ekspor.

Dalam peresmian tersebut terdapat 11 perusahaan yang ditetapkan sebagai pengelola PLB dimana salah satu perusahaan tersebut adalah PT. Khrisna Bali International Cargo (Khrisna Logistics) yang merupakan salah satu anak perusahaan PT. Khrisna Group yang ditunjuk untuk mengelola PLB industri Usaha Kecil Menengah (UKM).

“Penetapan Khrisna Logistics sebagai salah satu pengelola PLB untuk industri UKM adalah merupakan mandat dari Negara melalui Paket Kebijakan Ekonomi Presiden dimana didalamnya terdapat misi sosial untuk meningkatkan industri UKM yang sudah ada serta menciptakan UKM-UKM yang berorientasi ekspor dan mengurangi rantai distribusi impor yang bertujuan mengurangi biaya logistik sehingga mampu bersaing di pasar global serta membantu pihak berwenang (Direktorat Jenderal Bea dan Cukai) dalam menghilangkan biaya penelusuran teknis barang impor” ungkap Anak Agung Ngurah Mahendra, Presiden Direktur & CEO PT. Khrisna Group.

UKM saat ini mendominasi pertumbuhan ekonomi Indonesia, menyerap tenaga kerja 97%, mampu bertahan dari terpaan krisis ekonomi global dan merupakan usaha kecil namun dapat mendunia. Untuk itu, dengan adanya PLB UKM yang diselenggarakan oleh Khrisna Logistics dapat memberikan peluang dan kemudahaan yang seluas-luasnya bagi para pelaku UKM untuk memperoleh pasokan bahan baku dengan fasilitas bebas bea masuk dan pajak impor untuk meningkatkan daya saing. Selain itu melalui PLB, para UKM memperoleh tempat untuk menyalurkan produk UKM untuk diekspor atau dipamerkan dengan sistem pencatatan pengelolaan barang yang ditunjang oleh Teknologi Informasi dan standarisasi produk oleh PLB sebelum diekspor. Kemudahaan lainnya yang diperoleh pelaku UKM dari PLB UKM ini selain bebas bea masuk dan pajak impor, belanja bahan baku di PLB dengan menjual/menyerahkan kembali hasil produk ke PLB juga tidak dikenakan PPN.

Dengan demikian, biaya logistik di Indonesia akan semakin efisien dan melalui PLB UKM ini dapat mewujudkan produk UKM menjadi produk Nasional dan mamu merebut serta mengisi pasar Internasional, memperkuat daya saing Indonesia menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) serta memperkuat pondasi perekonomian dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional dengan mendukung pengembangan UKM berorientasi Ekspor.

“Dukungan dari stakeholder juga sangat dibutuhkan mulai dari para pelaku industri UKM, Asosiasi - Asosiasi Usaha, Ikatan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) dan Pemerintah Daerah serta Departemen Kementerian terkait seperti Kementerian Perindustrian, Koperasi dan UKM sehingga kebijakan ini menjadi lengkap dan komprehensif bagi para pelaku UKM di Indonesia" tegasnya.

Posted by Anonymous (not verified)

ABOUT Khrisna Group

Khrisna Group is a prominent group of companies with its headquarter in Bali, Indonesia with more than 30 years of experience in managing highly-diversified subsidiaries. We have expertise in various industries including garment manufacture, freight forwarder, warehousing, media and advertising, general trading, money changer, tour and travel, application service provider, general sales agent and furniture manufacture.

CATEGORIES

FLICKR WIDGET